Habis Khanduri Rumah Aminah Ludes Terbakar

0
41
Reportaseaceh.com,Aceh Timur – Satu rumah berkonstruksi kayu berukuran 7x 8, miliknya Aminah (45) tahun, terletak didusun Lamkuta,  Gampong Bintah, Kecamatan Madat, Aceh Timur, Kamis (3/4/2018) menjelang subuh ludes dilalap sijago merah.
Teks photo ; Aminah (korban) saat memberikan keterangannya dilokasi kejadian. Kamis. ( 3/4/photo/Rais)
Menurut keterangan Aminah (korban), kepada reportaseaceh.com dilokasi.Bahwa peristiwa tersebut terjadi menjelang subuh, sekira pukul 4.30  Pagi. Saat itu dirinya terkejut setelah mendengar suara gemuruh angin yang  disertai semburan api yang sedang melalap kamar tidurnya. asal api diperkirakan berasap dari dapur rumah nya.
Poto Kejadian rumah Aminah yang dilalap oleh si jago merah
“Saya terkejut mendengar  gemuruh seperti suara angin. Lalu bangun dan melihat api sedang menjilati dinding kamar tidur. Tanpa pikir panjang saya lari keluar rumah berteriak minta pertolongan warga sekitar. Sebut Aminah.
Dia juga menambahkan.”siangnya kami memasak nasi dengan memakai kayu bakar dan sebagiannya kami pakai gas elpiji 3 kg. setelah masakan siap.
Usai magrib dirumah saya adakan acara do’a bersama dan khenduri untuk mengenang meninggal ayah beberapa tahun lalu. ” tutur Aminah dengan nada sedih.
Kapolres Aceh Timur, AKBP Wahyu Kuncoro melalui Kapolsek Madat Ipda Syafrizal mengatakan, bahwa pihaknya sudah turun kelokasi kejadian dan membenarkan musibah itu terjadi.
“Benar. Musibah kebakaran rumah berkonstruksi miliknya Ibu Aminah 45 tahun, di dusun Lamkuta desa bintah. Kebakaran tersebut diduga akibat percikan bara api dari kayu bakar yang diduga tidak habis dimatikan usai memasak, tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Namun, semua peralatan rumah serta pakaian milik korban tidak bisa terselamatkan.” tutur Kapolsek via selularnya saat dihubungi.
Ia juga menjelaskan, untuk sementara waktu, bantuan masa panik berupa uang se alakadarnya dari unsur muspika madat sudah kita serahkan, selain itu ada juga bantuan dari warga sekitar berupa kayu dan papan untuk kita buat rumah huni sementara dan insya allah senin depan akan kita musyawarah lagi dengan pihak camat untuk kita galang bantuan seadanya.” tutur Ipda Syahrizal.
Informasi yang berhasil dihimpun media ini dilokasi.
Saat musibah itu terjadi, dirumah Aminah janda beranak satu. Selain Aminah dan anaknya Khairunnisa (15) tahun. malam itu juga ikut ditemani ibu kandung dan dua adiknya.
“Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Namun, semua harta benda, baju dan semua alat rumah tangga habis terbakar, termasuk 14 sak padi, uang kontan Rp 5 juta, Satu Bpkb dan Stnk Sepmor, semua surat-surat penting ikut musnah. kerugian diperkirakan sekitar Rp 60 juta.” Kata Husni Mahyuddin Keuchik gampong bintah.
Aksi sijago merah menurut saksi mata disekitar lokasi kejadian begitu cepat.
Kobaran api yang membumbung tinggi menghabiskan semua isi rumah dalam jangka waktu 30 menit, sehingga mereka tidak sempat menghubungi pihak pemadam kebakaran (Damkar). Hal tersebut dibenarkan juga oleh Kepala dusun Lamkuta gampong Bintah kecamatan Madat Aceh Timur. (RAIS).