PERINGATI HARI PAHLAWAN, MUSPIDA KABUPATEN BIREUEN GELAR ZIARAH KE MAKAM PAHLAWAN

0
19
Reportaseaceh.com,Bireuen – Salah satu bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan, TNI, Polri serta aparatur Pemerintah Kabupaten Bireuen gelar Ziarah ke Makam Pahlawan. Ziarah tersebut digelar di Makam Pahlawan Kolonel Husin Jusuf dan istrinya Letda Ummi Salmah yang bertempat di Desa Gelumpang Payong KecamatanJeumpa Kabupaten Bireuen, Sabtu (10/11/2018).
Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0111/Bireuen, Bupati Bireuen H.Saifannur,S.Sos serta Forkopimda Kab. Bireuen Kepala Staf, Danramil/Danposramil serta Babinsa,Polres Bireuen, Satpol PP Kab. Bireuen dan juga Jajaran Ibu Persit Kartika Chandra Kirana cabang XXXIV Dim 0111/Bireuen dalam Upacara Ziarah Nasional tersebut Kapolres Bireuen AKBP Gugun Hardi Gunawan, SIK, M, Si. bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kapten Inf Ikhwan sebagai Perwira Upacara dan Kapten Inf Adi Boy sebagai Komandan Upacara.
Disela-sela acara tersebut Dandim 0111/Bireuen menyampaikan,” Bahwa ziarah ke makam pahlawan, dilaksanakan secara serentak oleh seluruh instansi pada hari ini.
“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai dan menghormati para pahlawannya, sehingga ziarah bersama ini memiliki arti penting sebagai wujud penghargaan dan penghormatan kita kepada mereka,” ungkapnya.
Menurutnya, kegiatan Ziarah Nasional ini sebagai wujud untuk selalu mengingat jasa-jasa pahlawan dan pejuang bangsa yang selalu rela berkorban, baik itu harta benda hingga nyawa demi kemerdekaan NKRI.
“Disisi lain, ziarah ini juga bertujuan agar kita sebagai warga Negara yang baik meniru sifat serta nilai-nilai patriotisme dan nasionalis para pahlawan kusuma bangsa yang telah gugur untuk memperjuangkan cita-cita Bangsa Indonesia,” katanya.
Prosesi Upacara Ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan, mengheningkan cipta guna mendoakan mereka, peletakan karangan bunga dan ditutup dengan tabur bunga yang dipimpin Bupati Kab. Bireuen dan diikuti para peserta ziarah.(Red)