KODIM 0111/BIREUEN GELAR UPACARA BENDERA DALAM RANGKA HARI PAHLAWAN.

0
13
Reportaseaceh.com,Bireuen –  Memperingati Hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada tanggal 10 November, Kodim 0111/Bireuen menggelar Upacara pengibaran bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tahun 2018 bertempat di lapangan Upacara Makodim 0111/Bireuen Jalan Medan – Banda Aceh Desa Blang Blahde Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen, Sabtu(10/11/2018).
Dandim 0111/Bireuen, Letkol Inf Amrul Huda, S.E., M.M., M.Sc. bertindak sebagai inspektur upacara. Sementara Pasipers Kodim 0111/Bireuen, Kapten Inf Ikhwan bertindak sebagai Perwira Upacara dan Danramil 08/Gandapura bertindak sebagai Komandan Upacara.
Upacara peringatan Hari Pahlawan kali ini mengusung tema : “SEMANGAT PAHLAWAN DI DADAKU” mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga negara indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara.
Letkol Inf Amrul Huda,S.E., M.M., M.Sc. Dandim 0111/Bireuen
Inspektur upacara, Letkol Inf Amrul Huda,S.E., M.M., M.Sc. juga membacakan amanat dari Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita terkait peringatan hari pahlawan.
Ia mengatakan peringatan hari pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun subtansi setiap peringatan hari pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai – nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.
Hal ini penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis, bisa menguat bahkan dapat melemah. untuk itu, kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan hari pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa indonesia.
Lebih lanjut dalam amanatnya dikatakan, Setiap zaman pasti ada pahlawannya dan setiap pahlawan pasti berkiprah di eranya. terkait dengan hal tersebut, bangsa indonesia memerlukan pahlawan baru. indonesia saat ini membutuhkan sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri ini.
Masih dalam amanat yang dibacakan inspektur upacara, Terlebih lagi dibutuhkan sosok pemuda indonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, berdisiplin, berkarakter menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidangnya.
Sadar bahwa negerinya memiliki beragam agama, suku, adat istiadat namun mampu memanfaatkan keberagaman sebagai modal sosial dipergunakan untuk keunggulan indonesia dalam pergaulan dunia. bukan justru untuk memanfaatkan perbedaan demi kepentingan pribadi maupun golongan yang menjadi penghambat bagi kemajuan bangsa.
Negeri ini membutuhkan pemuda yang kokoh dengan jati dirinya, mempunyai karater lokal yang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial sehingga mampu terlibat dalam usaha – usaha kesejahteraan sosial, memberikan pelayanan sosial bagi mereka yang membutuhkan pertolongan sosial.
Hadir dalam upacara tersebut, para Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil jajaran Kodim 0111/Bireuen.(Red)