Kodim 0102/Pidie Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2018

0
15
Reportaseaceh.com,Pidie – ” Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata – mata untuk membela cita – cita”
” Jatuh bangunnya negara ini sangat tergantung dari bangsa ini sendiri, makin pudar persatuan dan kepedulian, indonesia hanyalah sekedar nama dan gambar seuntai pulau di peta”.
” Jangan mengharapkan bangsa lain respek terhadap bangsa ini, bila kita sendiri gemar memperdaya sesama saudara sebangsa, merusak dan mencuri kekayaan ibu pertiwi “
Kutipan diatas merupakan salahsatu pesan dan kata – kata mutiara pahlawan Nasional dari Muhammad Hatta yang dibacakan dalam Upacara peringatan hari Pahlawan yang diselenggarakan Kodim 0102/Pidie . Sabtu, (10/11/2018)
Komandan Kodim 0102/Pidie Letkol Arm Wagino SE bertindak sebagai Inspektur Upacara, sementara Komandan Upacara dijabat oleh Danramil 17/Geumpang Kapten Inf Jaiz Harpen.
Dalam pelaksanaan Upacara Bendera Memperingati Hari Pahlawan tahun 2018 tersebut Inspektur Upacara membacakan amanat dari menteri Sosial Republik Indonesia.
” Setiap bulan Nopember ingatan kolektif bangsa akan tertuju pada keberanian semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur dan telah mewariskan kepada kita negara kesatuan republik indonesia yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya”
Prosesi peringatan hari pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna, setiap peringatan hari pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai – nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari – hari, serta menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa indonesia.
Melalui tema ” Semangat Pahlawan di dadaku ” pada peringatan hari pahlawan tahun 2018 ini, Diharapkan Setiap warga negara indonesia tanpa terkecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal – hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar serta bagi bangsa dan negara.
Sudah seharusnya seluruh pemuda indonesia harus mempunyai jiwa petriotisme, pantang menyerah, disiplin, berkarakter dan menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan dibidangnya, serta mampu memanfaatkan keberagaman bangsa indonesia sebagai modal sosial untuk keunggulan indonesia dalam pergaulan dunia.
Pada akhirnya melalui momentum peringatan hari pahlawan kali ini, saya mengajak marilah berbuat yang terbaik bagi bangsa ini, terus kobarkan semangat pahlawan di dada, guna mengukir prestasi sehingga membawa harum nama bangsa dan negara.
Jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinam toleransi dan kesetiakawan sosial. Semoga semangat pahlawan senantiasa mewarnai setiap langkah kita .(Red)