Haji Uma Senator Aceh Kembali Bantu Pemulangan Warga Aceh Utara Yang Sakit Di Malaysia

0
64
Reportaseaceh.com,Jakarta – Setelah sebelumnya turut membantu upaya deteksi dan pemulangan warga Aceh Selatan  yang ditangkap otoritas Malaysia, H. Sudirman alias Haji Uma yang merupakan anggota DPD RI asal Aceh kembali membantu upaya pemulangan seorang warga Aceh atas nama Salahuddin Ishak (26 tahun), asal Cot Euntung Kecamatan Nisam Kabupaten Aceh Utara yang mengalami sakit aneh.
Pemuda yang belum sampai satu bulan bekerja di sebuah pabrik perabot atau furnitur di wilayah Selangor, Malaysia ini, tiba-tiba mengalami lumpuh mendadak.
Berdasarkan informasi dari Haji Uma, kondisi Salahuddin Ishak pertama kali disampaikan oleh Tgk. Mustafa atau “Aduen Jelas”, salah satu pemeran Film Eumpang Breuh. Informasi tersebut kemudian ditindaklanjuti Haji Uma yang membangun komunikasi dengan Abu Saba dari KANA Group yang merupakan salah satu organisasi komunitas warga Aceh di Malaysia.
Hasil komunikasi dengan Abu Saba, diketahui bahwa biaya pemulangan akan sedikit lebih tinggi, dikarenakan yang bersangkutan dalam kondisi sakit serta harus membuat surat rujukan dari rumah sakit di Malaysia.
“Kita telah bermufakat dengan saudara-saudara kita di Malaysia, terutama Abu Saba dari KANA Group berkaitan upaya bantuan pemulangan saudara kita, Salahuddin Ishak kepada keluarga. Kebutuhan biaya pemulangan kita perkirakan lebih tinggi, yakni sekitar 8 juta rupiah karena dalam kondisi sakit”, ungkap Haji Uma.
Haji menjelaskan bahwa dirinya telah berkomunikasi dengan pihak keluarga Salahuddin Ishak, termasuk terkait perkiraan kebutuhan biaya pemulangan ke Aceh. Hasilnya, pihak keluarga mampu mengumpulkan biaya sebesar 6 Juta rupiah, sedangkan sisa biaya sebesar 2 juta rupiah akan dibantu oleh Haji Uma.
Menurut Haji Uma, kemarin sore (Jum’at, 27/7), Abu Saba bersama sejumlah anggota KANA Group telah menuju ke Selangor dimana Salahuddin Ishak saat ini berada dalam kondisi lemah tak berdaya. Rencana Salahuddin Ishak akan dibawa ke Kuala Lumpur dan selanjutnya pada hari Rabu, 1 Agustus 2018 nanti akan diberangkatkan ke Aceh melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh.
“Insya Allah Rabu nanti akan dipulangkan ke Aceh dan dari Bandara SIM nanti rencana akan diantar langsung kepada pihak keluarga di Aceh Utara. Pihak keluarga mohon sabar dan membantu doa agar rencana pemulangan berjalan lancar sesuai rencana”, tutup Haji Uma dengan penuh harap.(Mul)