Babinsa Koramil Simpang Tiga Bantu Kaum Ibu – ibu Sukseskan Program Kawasan Rumah Pangan Lestari

0
45
Reportaseace.com,Pidie – Dalam rangka suksesnya Program swasembada Pangan, tidak hanya terbatas dengan membantu dan mendampingi petani disawah saja, seperti yang dilakukan Serda Hamdani Babinsa Koramil 07/Simpang Tiga Kodim 0102/Pidie yang melakukan pendampingan kelompok tani Mawar Rahmaniah, dimana seluruh anggotanya ibu – ibu rumah tangga di desa Nien Kecamatan Simpang Tiga yang melaksanakan program Kawasan Rumah Pangan Lestari dengan di dampingi PPL Ibu Nova Yanti,Pada Senin (16/04/2018).
Serda Hamdani Babinsa Koramil 07/Simpang Tiga Kodim 0102/Pidie melakukan pendampingan kelompok tani Mawar Rahmaniah.
Seperti yang disampaikan Ibu Nova Yanti selaku PPL kegiatan tersebut, serda Hamdani menyampaikan bahwa program Rumah Pangan lestari bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan pangan dengan cara memanfaatkan lahan pekarangan/ lahan yang kurang Produktif yang dimiliki warga desa untuk dimanfaatkan guna memenuhi kebutuhan pangan yang bisa dikonsumsi warga desa itu sendiri seperti sayuran, tanaman obat keluarga, buah dan perikanan.
Dengan cara ini juga bisa meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat karena mereka mengasupi dirinya dengan bahan-bahan yang alami dan dirawat sendiri.
Yang mana Program Rumah Pangan Lestari ini dijalankan sebagai bentuk pelaksanaan Permendesa PDTT No. 19 Tahun 2017 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa 2018.
Selain membangun negeri swasembada pangan melalui embung air desa, dana desa diminta mampu menciptakan ketahanan pangan warga desa dengan pemanfaatan lahan yang dimiliki warga desa.(BD).